Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak di Era Digital



Duniaanak - Di zaman serba digital ini, hampir semua orang memiliki gadget. Bahkan, terkadang orang tua juga memberikan gadget pada anaknya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah kesehatan mental anak di era digital.

Dalam penggunaan gadget, penting bagi orang tua untuk tetap menjaga anak agar tetap stabil.

Dalam webinar bertajuk "Technology and Child Development" yang diselenggarakan oleh HP X TigaGenerasi, psikolog sekaligus co-founder TigaGenerasi Saskhya Aulia, M.Psi, menjelaskan tentang cara-cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan mental di era digital, sebagai berikut:


Cari, Update, dan Belajar Terus tentang Perkembangan Anak dan Teknologi

Di era digital seperti ini, orang tua harus memiliki semangat dalam mempelajari perkembangan teknologi. Selain belajar sendiri, Anda juga bisa bertanya pada anak terkait hal itu.

Salah satu hal yang perlu dipelajari orang tua adalah fitur parental control yang terdapat dalam gadget. Fitur tersebut berfungi untuk memberikan keamanan bagi anak dalam mengakses internet dari ancaman siber, seperti cyberbullying hingga konten yang tidak pantas.

Implementasi Rekomendasi Penggunaan Gadget yang Sehat

Orang tua perlu mengatur penggunaan gadget untuk anak secara sehat. Beberapa hal yang harus diatur yaitu durasi, isi konten, screen time yang tepat, dan cara mencegah anak marah saat tidak diberi akses gadget.

Nikmati dan Perbanyak Interaksi Positif dengan Anak

Anak-anak umumnya suka main gadget karena mereka merasa hal tersebut merupakan aktivitas yang menarik. Bahkan, tak sedikit anak yang merasa orang tuanya kalah menarik dengan gadget. Untuk itu, orang tua perlu lebih kreatif lagi dalam membuat kegiatan anak di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan waktu bebas bermain untuk anak tanpa memberi perintah yang mengganggu kesenangannya.

Terapkan Life Style Sehat pada Anak

Life style atau gaya hidup yang sehat meliputi jam tidur, olahraga, dan asupan makanan bergizi. Penting sekali untuk menerapkan gaya hidup sehat pada anak supaya kesehatan mentalnya tetap terjaga di era digital seperti saat ini.

Menurut Saskhya, 90 persen hormon pengatur mood berada di saluran pencernaan. Jadi, jika anak diberi makanan yang bergizi, ia akan memiliki mood yang baik meski tidak diberi akses gadget.

Ajak Anak untuk Latihan Bersyukur

Melatih anak untuk selalu bersyukur bisa berdampak baik untuk kesehatan mentalnya. Menjelang tidur, Anda bisa menanyakaan tentang hal-hal apa saja yang membuat si kecil senang pada hari itu, Moms. Cara ini bertujuan agar anak bisa menikmati kehidupannya, baik yang menyenangkan maupun yang membuat ia sedih.

“Selain fokus tadi, kemudian juga sabar, kemudian juga segala skill lain, skill bersyukur itu datangnya enggak tiba-tiba, itu harus dilatih,” pungkas Saskhya