Tips Luangkan Waktu Bersama Pasangan saat Baru Punya Bayi



Duniaanak - Bagi pasangan yang baru memiliki bayi, rasanya hampir sebagian besar waktu dihabiskan untuk mengurus si kecil. Apalagi, di awal kehidupannya, bayi sering menangis, gumoh, ingin terus menerus menyusu, hingga sering terbangun dari tidurnya. 

Rasanya memang lebih susah ya menemukan waktu untuk berdua dengan suami saat baru punya bayi.

Meski sulit, sebenarnya Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk punya momen berdua pasangan. Hal itu dilakukan untuk menjaga hubungan rumah tangga yang harmonis, sambil terus belajar menjadi orang tua baru.

Berikut adalah beberapa tips agar tetap punya waktu berkualitas dengan pasangan saat baru punya bayi seperti dikutip dari Marriage.

1. Luangkan Waktu dengan Rutin

Cobalah untuk meluangkan waktu dengan pasangan sesingkat apa pun. Meski hanya satu malam atau beberapa jam dalam seminggu, carilah waktu agar bisa memiliki waktu berduaan. Mungkin Anda bisa mencuri-curi waktu ketika si kecil sedang tidur untuk sekadar membereskan rumah bersama, makan siang atau malam bersama di rumah, atau hanya ngobrol-ngobrol sambil minum kopi.

2. Rencanakan Makan Malam Romantis di Rumah

Jika Anda belum bisa ke mana-mana, menyiapkan rencana makan malam romantis di rumah bisa menjadi salah satu opsinya. Pilihlah waktu makan malam di saat jam-jam bayi sudah terlelap. Anda bisa mengatur makanan, baik masak sendiri bersama suami atau beli secara online. Ajaklah suami untuk ikut menata meja makan dan menyetel lagu favorit.

Merencanakan makan malam ini merupakan salah satu cara romantis dan kreatif yang dapat pasangan lakukan, sembari tetap bisa mengawasi bayi yang sedang tidur.

3. Singkirkan HP dan Gadget Lainnya

Ketika punya waktu berduaan, cobalah tidak memegang handphone dan fokus menikmati waktu bersama. Anda bisa ngobrol apa saja tentang cerita hari ini dan apa yang dirasakan ketika mengurus bayi, begitu juga sebaliknya. Perlu diingat, bisa memiliki waktu berdua tidaklah mudah. Maka dari itu, manfaatkan waktu luang bersama tanpa harus terganggu notifikasi di handphone.

4. Nonton Film Bersama

Jika bingung apa yang bisa Anda dan suami lakukan, menonton film di malam hari bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa menonton film yang disukai sambil memeluk suami di sofa. Sediakan juga camilan untuk menikmati waktu menonton. Meski hanya nonton film, tapi kegiatan ini bisa meningkatkan meningkatkan keintiman dengan suami, lho.

5. Rencanakan Jalan-jalan

Ketika ingin mencari suasana baru di luar rumah, tak ada salahnya kencan sambil membawa bayi Anda. Pertimbangkan berjalan-jalan saat waktu tidur si kecil. Letakkan bayi di stroller dan Anda bisa menikmati waktu jalan-jalan di sekitar rumah atau taman terdekat sambil menghirup udara segar.

Lebih baik untuk mencari lokasi yang tidak terlalu ramai dan hindari lalu lintas terlalu padat. Sebab, suara atau cahaya yang terlalu keras dapat mengganggu ketenangan bayi dari tidurnya.

6. Terus Tunjukkan Kasih Sayang

Hanya karena Anda sudah menikah dan memiliki anak, bukan berarti tidak bisa selalu menunjukkan dukungan serta kasih sayang kepada suami. Sebenarnya, melakukan hal-hal kecil pun bisa meningkatkan interaksi dan mempererat hubungan dengan pasangan. Misalnya, rajin mengirimkan pesan yang berisikan perasaan cinta atau memasakkan masakan kesukaan suami ketika ia pulang kerja.