Hal Unik dari Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui



Duniaanak - Memiliki bayi untuk pertama kalinya biasanya jadi momen yang tak terlupakan. Setiap detail tubuh bayi pun diperhatikan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Meski begitu, rupanya ada beberapa hal unik pada bayi baru lahir yang bisa jadi belum diketahui orang tua. 

Seperti dikutip dari WebMD, berikutbeberapa fakta seputar bayi baru lahir:

1. Kotoran pertama tidak berbau

Saat dalam kandungan, bayi hanya mengonsumsi cairan di dalam perut ibu. Sehingga, bayi belum memiliki bakteri usus yang membuat kotorannya bau. Namun, setelah bayi mulai menyusui, bakteri akan mulai hidup di dalam ususnya, dan kotoran bayi akan berwarna hijau atau kuning dengan bau yang khas.

2. Berhenti bernapas

Ketika bayi tidur, kemungkinan mereka bisa berhenti bernapas selama 5 sampai 10 detik. Namun, kondisi ini normal kok, Moms. Tetapi perlu diperhatikan, apabila bayi berhenti bernapas selama beberapa waktu disertai kondisi tubuh membiru, Anda perlu waspada. Sebab, bisa jadi ini merupakan kondisi serius.

3. Tidak bisa merasakan asin sampai usia 5 bulan

Bayi ternyata memiliki indra pengecap hampir sama seperti anak-anak dan orang dewasa. Bayi baru lahir juga dapat merasakan manis, pahit, asam, dan termasuk amandel serta bagian belakang tenggorokan. Tetapi, tidak dapat merasakan asin sampai usia 5 bulan. Ketika bayi mulai makan makanan padat, mereka cenderung akan menyukai hal yang sama seperti ibu makan saat hamil dan menyusui.

4. Tangisan pertama tanpa air mata

Bayi baru lahir sampai usia satu bulan ternyata tidak mengeluarkan air mata saat menangis. Meski begitu, sangat normal jika bayi baru lahir masih sering menangis. Puncak bayi menangis paling sering terjadi saat berusia 46 minggu, atau 6 - 8 minggu jika lahirnya cukup bulan.

5. Payudara mengeluarkan susu

Bayi baru lahir, baik itu perempuan maupun laki-laki bisa terlihat memiliki payudara kecil. Bahkan dalam beberapa kasus bisa mengeluarkan susu. Kondisi ini terjadi karena bayi menyerap hormon estrogen dari ibu, dan akan hilang dalam beberapa minggu. Di samping itu, bayi perempuan juga bisa mengalami keputihan selama beberapa hari.

6. Lebih suka menghadap ke kanan

Bayi baru lahir cenderung menyukai posisi tidur menghadap kanan. Hanya 15 persen bayi yang menyukai menghadap kiri. Sepertinya ini berhubungan dengan gen, sama seperti lesung pipit. Namun, kondisi ini hanya berlangsung selama beberapa bulan.

7. Memiliki lebih banyak sel otak tertentu

Otak bayi umumnya akan menjadi lebih besar dua kali lipat pada tahun pertama. Meski begitu, bayi sudah memiliki sebagian besar sel saraf yang membawa pesan listrik. Beberapa neuron ini tidak akan terganti sampai meninggal. Sehingga, orang dewasa memiliki lebih sedikit sel otak tertentu daripada bayi.

8. Bayi laki-laki mengalami ereksi

Ternyata, anak laki-laki sudah bisa ereksi sejak lahir. Hal ini sering terjadi tepat sebelum bayi buang air kecil. Penyebab pastinya pun belum diketahui. Namun, salah satu faktor pemicunya dikaitkan dengan hormon ibu.

9. Dapat menakuti diri sendiri

Tidak butuh banyak cara untuk mengejutkan bayi baru lahir. Mendengar tangisan sendiri saja akan membuatnya kaget. Contoh lainnya, saat bayi menjulurkan tangan ke samping dengan posisi terbuka, dengan cepat mereka langsung menutup dan melipat kembali kedua tangannya. Kondisi ini disebut sebagai refleks moro pada bayi.

10. Beberapa tanda lahir akan hilang

Tanda lahir warna merah terang pada bayi berasal dari pembuluh darah yang tumbuh dengan cepat. Namun, biasanya akan memudar dalam beberapa minggu